Sabtu, 20 Desember 2014

Hari itu....




Assalamu’alaikum wr. Wb
Detak jantung berdegup sangat kencang mendengar MC mengumandangkan dengan sangat jelas "Nita Dwi Astuti, S.Pd dari Prodi BK". Sedikit memperbaiki toga yang agak miring lalu menatap ke depan dan menaiki tangga dengan langkah pasti, aku pun berhenti di depan seorang Ibu yang sangat aku hormati selama masa kuliah, Ibu Wakil Rektor Dra. Sri Wahyumiani,M.Pd (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan).

Menyalami beliau dan menerima sebuah map (bukan ijazah), membuatku sedikit menelan ludah dan menyadari kalau tenggorokanku begitu kering saat itu. Aku berhasil. Aku lulus. Dua kata itu yang memenuhi kepalaku dan membuat binar di mataku sambil selanjutnya bersalaman dengan Ibu wakil rector .
Kupandangi bangku yang memenuhi tempat duduk orang tua.. Kucari mereka.. Ibu dan nenekku.. Mereka pasti merasakan hal yang sama denganku.. Tak sabar ingin langsung menghambur ke pelukan mereka ..
Teringat kata-kata bijak dari seorang Jodie Foster, Graduation day.. "Seluruh masa depan kami tergenggam dalam tangan kalian.. Jadi perlakukanlah sebaik-baiknya.."
Mungkin aku salah satu dari orang yang beruntung, yang sudah berhasil melewati masa-masa sulit untuk berhasil di bangku kuliah.. Universitas dalam setiap bagiannya -- staf, dosen, orang tua, mahasiswa, dan lainnya -- bukanlah hanya sekadar sekolah, melainkan bagian dari usaha membangun..
Kelulusan ini bukanlah hasil dari keinginan saya yang hanya ingin menjadi kaum akademisi dan mendapat gelar .. Namun saya ingin menjadi orang yang praktis.. Di bidang manapun kelak saya akan terjun ke dalamnya..
Sambil menunduk, aku membatin .. Kursi di Gedung Auditorium yang aku duduki, setelah menunggu selama 4 tahun hanya untuk bisa duduk di kursi ini.. Aku harap dia bisa menjadi saksi bisu tentang hari yang indah ini.. Universitas PGRI Yogyakarta yang tercinta ini.. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang membanggakan ini.. Kehidupan yang manis ini.. Dan teman-teman yang luar biasa dan tak terlupakan.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar